Halaman

BAB VI

 PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SAMPAI 20: MENGENAL KONSEP LEBIH DARI, KURANG DARI, DAN SELISIH 

Dipublikasikan oleh Aufaa Luthfiah


Selamat datang para orang tua dan pendidik!

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu materi dasar matematika yang diajarkan pada siswa kelas 1 SD yaitu konsep "lebih dari", "kurang dari", dan "selisih" dalam penjumlahan dan pengurangan angka sampai dengan 20.

Gambar 2.1 Mengenal Konsep

Konsep-konsep ini merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika yang akan membantu anak-anak memahami hubungan antara angka dan operasi dasar matematika.

Apa Itu Konsep "Lebih dari", "Kurang dari", dan "Selisih"?

Sebelum masuk ke contoh, mari kenali dulu arti dari ketiga konsep dasar ini:

1. Lebih dari: Menunjukkan bahwa satu kelompok memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan kelompok lainnya.

2. Kurang dari: Menunjukkan bahwa satu kelompok memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan kelompok lainnya.

3. Selisih: Perbedaan jumlah antara dua kelompok, biasanya ditemukan dengan cara pengurangan.

Gambar 2.2 Konsep Dasar

Pengenalan Konsep Melalui Kehidupan Sehari-hari

Gambar 2.3 Pengenalan Konsep Melalui Benda
 
Cara terbaik mengajarkan konsep ini adalah melalui benda dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, kita bisa menggunakan: 
  • Buah-buahan (apel, mangga)  
  • Makanan (donat, kue) 
  • Mainan (kelereng, boneka)
  • Alat tulis (pensil, buku)

Contoh Penerapan Konsep dalam Pembelajaran

    1. Membandingkan Dua Kelompok Donat

Mari kita bayangkan situasi berikut: 

Ibu memiliki 7 donat, sedangkan Tika memiliki 6 donat.

Gambar 2.4 Membandingkan Jumlah Donat

Dalam situasi ini, kita bisa mengajarkan: 
  • Donat Ibu lebih banyak dari donat Tika  
  • Donat Tika lebih sedikit dari donat Ibu  
  • Selisih banyaknya donat Ibu dan Tika adalah 1

Dengan visualisasi sederhana, anak-anak dapat melihat bahwa 7 memang lebih banyak dari 6, dan selisihnya adalah 1.

    2. Membandingkan Kupu-kupu dan Bunga

Bayangkan ada 7 kupu-kupu yang terbang di atas 5 bunga.

Gambar 2.5 Kupu-kupu dan Bunga

Kita bisa mengajukan pertanyaan: 
  • Berapa lebihnya banyak kupu-kupu dari bunga? (7 - 5 = 2)  
  • Berapa kurangnya banyak bunga dari kupu-kupu? (7 - 5 = 2)  
  • Berapa selisih banyak bunga dan kupu-kupu? (2)

    3. Bermain dengan Kelereng

Misalkan Malusi memiliki 5 kelereng dan Halim memiliki 2 kelereng.

Gambar 2.6 Bermain Dengan Kelereng

Kita bisa mengajak anak berpikir: 
  • Banyak kelereng Malusi adalah ..(3).. lebihnya dari kelereng Halim. 
  • Banyak kelereng Halim adalah ..(3).. kurangnya dari kelereng Malusi. 
  • Selisih banyak kelereng Malusi dan Halim adalah ..(3)..

Penerapan dalam Penjumlahan dan Pengurangan

Konsep "lebih dari", "kurang dari", dan "selisih" juga diterapkan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan angka sampai dengan 20.

    1. Penjumlahan yang Hasilnya Kurang dari 20

Contoh: Ibu memiliki 7 donat, Tika memiliki 6 donat. Berapa jumlah donat mereka?

Gambar 2.7 Penjumlahan Kurang Dari 20

Kita bisa menyelesaikannya dengan menghitung maju: 7 + 6 = 13

Dengan menghitung maju: 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

Jadi, jumlah donat mereka adalah 13 buah.

    2. Pengurangan untuk Mencari Selisih

Contoh: Wei memiliki 7 boneka, Kira memiliki 9 boneka. Berapa selisih banyak boneka Wei dan Kira?

Gambar 2.8 Pengurangan (Mencari Selisih)

Untuk mencari selisih, kita menggunakan pengurangan: 9 - 7 = 2

Jadi, selisih boneka mereka adalah 2 buah. 

Penjelasan Tambahan

Tips Mengajarkan Konsep Lebih dari, Kurang dari, dan Selisih:

  1. Gunakan benda nyata Ajak anak mengambil beberapa pensil dan buku, kemudian bandingkan banyaknya. Ini membuat konsep lebih konkret.
  2. Libatkan aktivitas bermain Buatlah kelompok laki-laki dan perempuan, kemudian bandingkan banyaknya. Gunakan kata "lebih dari", "kurang dari", dan "selisih".
  3. Visualisasikan dengan gambar Tunjukkan gambar buah-buahan, kendaraan, atau benda lain dengan jumlah berbeda untuk dibandingan.
  4. Ajak anak berlatih dengan soal cerita sederhana "Adi memiliki 8 permen. Budi memiliki 5 permen. Siapa yang memiliki lebih banyak permen? Berapa lebihnya?"

Yang terpenting, jangan lupa untuk membuat pembelajaran menyenangkan dengan menggunakan benda-benda konkret dan kegiatan yang melibatkan anak secara aktif. Dengan cara ini, anak tidak hanya menghapal konsep tetapi benar-benar memahaminya.

Kesimpulan

Konsep lebih dari, kurang dari dan selisih membantu anak untuk memahami dan melakukan perhitungan sederhana, yang merupakan fondasi untuk pembelajaran matematika yang lebih lanjut.

Mari terus belajar dan mengeksplorasi dunia matematika yang menakjubkan!


Kata Kunci

Penjumlahan, pengurangan, lebih dari, kurang dari, selisih

Referensi

Wulan, D. R., & Rasfaniwaty. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.


Jika kalian memiliki pertanyaan tentang konsep lebih dari, kurang dari, dan selisih atau topik matematika lainnya, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah. Selamat belajar!

Tentang Penulis

Aufaa Luthfiah adalah mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar yang sedang menempuh semester 6. Dia berharap blog matematika ini dapat membantu pembaca untuk lebih mudah mengajarkan konsep lebih dari, kurang dari, dan selisih kepada anak dengan penjelasan yang singkat dan menyenangkan. 


Tags: #Matematika #Kelas1SD #PenjumlahanDanPengurangan #LebihDari #KurangDari #Selisih #PembelajaranMatematika #BelajarMatematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SAMPAI 20

  PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SAMPAI 20: MENGENAL KONSEP LEBIH DARI, KURANG DARI, DAN SELISIH  Dipublikasikan oleh Aufaa Luthfiah Selamat da...